Sabtu, 11 Februari 2017

Dampak Internet of Thing (IoT) Bagi Kehidupan

Internet merupakan suatu kebutuhan yang mungkin sudah tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Hampir segala sesuatu dalam kehidupan manusia berhubungan dengan internet. Ini dikarenakan internet memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehidupan manusia. Dengan manfaat internet yang sangat beragam ini muncul istilah Internet Thing atau lebih di kenal dengan IoT.
Pengertian Internet Thing (IoT) ini adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memaksimalkan dan memperluas konektivitas dari internet yang tersambung secara terus menerus. Berbagai kemampuan yang dapat dilakukan dengan internet antara lain berbagi data, remote control dan lain-lain. Kemampuan tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai benda misalnya peralatan rumah tangga, elektronik, koleksi dan masih banyak lainnya.

Sesungguhnya istilah Internet of Thing mengacu di benda yang bisa diidentifikasikan secara menarik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet.
Dengan kemajuan IoT yang sangat pesat tentu akan mendatangkan dampak bagi kehidupan yang sangat signifikan, baik positif maupun negatif. Berikut beberapa dampak Internet of Thing bagi kehidupan :
·                Positif
1.             Meningkatkan perkembangan dunia IT yang dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Dari pengertian Internet of Thing yang sudah dijelaskan di atas, bahwa segala sesuatu akan dihubungkan dengan internet untuk memaksimalkan konektifitas internet, selain itu juga bertujuan untuk memaksimalkan kinerja seluruh benda yang sudah terhubung dengan internet tersebut, dengan begitu maka kegiatan manusia pun akan lebih mudah dengan bantuan benda yang sudah canggih.
2.             Dapat mendatangkan inovasi baru. Dengan adanya konsep ini tentu akan memicu para ahli IT untuk menemukan inovasi. Berbagai inovasi yang akan di hasilkan oleh para penemu tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Inovasi terbaru yang dapat dinikmati masyarakat antara lain konsep TV pintar, furnitur rumah seperti AC, kulkas dan mesin cuci yang bisa disambungkan dengan internet.
·                Negatif
1.             Pada dasarnya segala sesuatu yang memiliki dampak positif pasti juga memiliki dampak negatif, begitu pula dengan Konsep Internet of Thing ini. Salah satu dampak negatif dari Internet of Thing yang sangat terlihat di kehidupan masyarakat adalah kurangnya interaksi antar manusia. Karena kemajuan komunikasi melalui internet yang sangat pesat, maka manusia akan lebih banyak memilih saling berkomunikasi melalui media komunikasi, dan akan mengurangi intensitas bertemu.
2.             Selain itu, dampaknya bagi kehidupan yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah banyaknya kejahatan cyber yang semakin meningkat. Contoh kejahatan cyber yang banyak terjadi di kehidupan masyarakat adalah kemampuan untuk merusak benda yang berhubungan dengan internet melalui kiriman virus yang dapat merusak benda tersebut. contoh kejahatan lain yang lebih berbahaya misalnya penyusupan atau pengintaian melalui internet.

Namun dari pengertian Internet of Thing dan dampaknya bagi kehidupan seperti yang sudah dijelaskan di atas, anda hanya perlu mengambil kebaikan atau dampak positifnya saja. Semaksimal mungkin anda mengurangi resiko terjadinya dampak negatif pada kehidupan anda dengan berbagai cara.

Sumber : Solokarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar